Selasa, 12 Oktober 2010

cara mengetahui potensi diri ?

 gali potensimu..sekarang juga...
Jika kita berbicara mengenai analisis potensi diri, tentunya kita tidak terlepas dari segala sesuatu yang terdapat pada diri kita masing-masing, baik yang bersifat jasmaniah maupun rohaniah. Analisis potensi diri tentunya suatu hal yang perlu ditanam dan dilakukan sejak dini, dan harus dimulai dari sekarang.

   Analisis potensi diri ini merupakan suatu hal menganalisis atau mencari tahu lebih dalam tentang segala sesuatu yang ada pada diri kita sehingga setiap individu tersebut dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan kelebihan dan kekurangan inilah yang akan membuat suatu individu itu memiliki karakter masing-masing dalam melakukan tindakan. Mengapa Perlu Analisis Potensi Diri Setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, baik yang dimiliki orang lain juga mapun yang tidak dimiliki orang lain. Kekurangan dan kelebihan yang terdapat pada setiap individu ini dapat diketahui jika mereka melakukan suatu analisis potensi diri. Analisis potensi diri betujuan untuk tahu seberapa jauh mengenal diri kita sendiri. Termasuk di dalamnya mengetahui bagaimana karakter kita, perangai kita, bakat yang dimiliki, dan lain sebagainya. Analisis potensi diri ini merupakan suatu tindakan yang sangat bagus dan harus selalu dimiliki setiap individu.

Mengapa harus pada setiap individu?.

   Jawaban akan pertanyaan ini kembali pada kelebihan dan kekurangan masing-masing tadi, yang kemungkinan besar dan memang berbeda satu sama lainnya. Selain itu, analisis potensi diri ini juga bertujuan untuk menginstropeksi diri masing-masing untuk mendapatkan dan menjalankan suatu pikiran ataupun tindakan yang baik pada masa depan. Pada intinya, analisis potensi diri ini tidak akan membuat rugi sama sekali pada setiap individu itu. Meskipun ketika analisis potensi diri itu ditemukan banyak kekurangan yang dimiliki, kita tidak boleh putus asa dan berhenti berharap. Namun, dengan segala kekurangan yang kita miliki itu harus dijadikan motivator pembangkit dan maju ke depan dengan memanfaatkan segala kelebihan yang ada. Jika kita hanya memikirkan klekurangan saja, maka kita akan sulit untuk maju karena kita tidak memperhatikan kekurangan yang dimiliki sehingga kekurangan itupun tidak dapat dicegah, apalagi dijadikan alat pemotivasi pada diri kita. Selain itu, analisis potensi diri itu akan membantu kita untuk menemukan bakat yang tersimpan dan terpendam lamanya dalam diri kita. Nah, dengan menganalisi potensi diri kita, tentunya hal ini mengasah, merangsang, dan mengetahui segala bakat yang kita miliki sehingga nantinya bakat itu dapat kita kembangkan dengan mengerahkan segenap potensi pada diri kita tadi. Dalam hal ini, analisis potensi diri juga bertujuan untuk mengendalikan diri kita dari emosi dan memperkenalkan diri kita pada lingkungan sekitar. Maksudnya, dengan mengetahui diri kita sendiri dan tahu akan bahwa setiap individu itu memiliki kekurangan, maka kita tidak akan bersifat sombong, bahkan mudah emosi kepada lingkungan sekitar. Kesombongan dan emosi ini sebenarnya dapa kita redam dan dicegah dengan mengendalikan diri kita. Disaat inilah peran analisis diri ini untuk mencegah hal buruk itu semua. Karena sebenarnya dengan menganalsis potensi diri, kita kan memiliki suatu perencanaan yang baik untuk berpikir dan bertindak demi memperbaiki kekurangan itu, maupun memanfaatkan kelebihan yang ada.

Bagaimana Menganalisis Potensi Diri ?

   Sebenarnya analisis potensi dir itu hal yang mudah, meskipun banyak orang yang mengatakan bahwa untuk mengetahui diri seseorang itu lebih jauh merupakan hal yang sulit. Namun, dibalik kesulitan itu terdapa kemudahan karena akan selalu kemudahan ditengah-tengah kesulitan. Analisis potensi diri itu hendaknya dilakukan sejak dini, ataupun dari sekarang, Analisis potensi diri itu bisa dilakukan pada waktu apa saja. Bisa saat kita beraktivitas, istirahat, maupun benar-benar dalam keadaan konsentrasi yang penuh. Pada dasarnya setiap manusia memiliki kekuatan dan potensi masing-masing. Tapi sampai saat ini masih banyak yang belum menyadari potensi di dalam dirinya sendiri. Padahal potensi setiap orang sangat menunjang kesuksesan hidupnya jika diasah dengan baik. Berikut cara-cara

bagaimana menggali potensi diri :

1.Sebaiknya kita mencoba buat daftar pertanyaan, seperti: apa yang membuat kita bahagia; apa yang anda inginkan dalam hidup ini; apa kelebihan dan kekuatan kita; dan apa saja kelemahan kita. Kemudian jawablah pertanyaan ini secara jujur dan objektif. Mintalah bantuan keluarga atau sahabat untuk menilai kelemahan dan kekuatan anda. 2.Tentukan tujuan hidup kita baik itu tujuan jangka waktu pendek maupun jangka panjang secara realistis. Realistis maksudnya yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi kita. Menentukan tujuan yang jauh boleh aja asal diikuti oleh semangat untuk mencapainya. 3.Setiap manusia memiliki motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Coba kenali apa motivasi hidup kita, apa yang bisa melecut semangat kita untuk menghasilkan karya terbaik, dan lain-lainl. Sehingga kita memiliki kekuatan dan dukungan moril dari dalam diri untuk menghasilkan yang terbaik. Apalagi dengan dukungan dan kerja sama tim ( team work). 4.Buang jauh-jauh pikiran-pikiran negatif yang bisa menghambat langkah kita mencapai tujuan. Setiap kali kitamenghadapi hambatan, jangan menyalahkan orang lain. Lebih baik coba evaluasi kembali langkah anda mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Kemudian melangkahlah kembali jika kita telah menemukan jalan yang mantap. 5.Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam mencapai tujuan kita, jangan menyesali dan mengadili diri sendiri berlarut-larut. Hal ini hanya akan membuang waktu dan energi. Bangkit dan tataplah masa depan. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran untuk maju. Sekarang kita sudah tahu akan cara mengetahui potensi diri ?. Ingat, potensi diri seseorang adalah kekuatan seseorang itu sendiri untuk menggapai sukses. Oleh karena itu, mulai sekarang ketahuilah dan galilah potensi diri kita. Penutup Berbagai penjelasan di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa menganalisis potensi diri itu sangat penting bagi setiap individu. Analisis potensi diri itu hendaknya dapat dimulai sejak dini ataupun dari sekarang sehingga kita dapat mengetahui dan menguraikan segala cara untuk mendapatkan yang terbaik di masa yang akan datang.

Share it